Bersuci Wajib Dalam Islam

0
63
Foto. Google

Penulis : Walis Afandi Daeli

Tulisan ini membahas tentang thaharah, yang dimana kata lain thaharah adalah bersuci. Thaharah merupakan point pentimg dalam Islam, dan selalu dimulai di awal bab kalau dalam kitab Fiqh. Pada hakikatnya tujuan bersuci adalah agar umat muslim terhindar dari kotoran atau debu yang menempel dibadan sehingga secara sadar atau tidak sengaja membatalkan rangkaian ibadah kepada  Allah  swt.

Namun, yang terjadi sekarang adalah kebanyakan orang-orang hanya mengetahui bahwa bersuci hanya sekedar membasuh badan dengan air tanpa mengamalkan rukun-rukun lainnya tentang bersuci sesuai syariat islam.bersuci dari hadas dan najis adalah syarat sahnya seorang muslim dalam melakukan ibadah. Berdasarkan pengertian tersebut sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari dari fungsi thaharah. thaharah sebagai bukti bahwa islam amat mementingkan kebersihan dan juga kesucian.

Thaharah menurut bahasa artinya bersih sedangkan menurut istilah syara’ thaharah adalah bersih dari hadas dan najis. Selain itu thaharah juga dapat diartikan mengerjakan pekerjaan yang membolehkan solat, berupa whudu, mandi, tayyamum, dan menghilangkan najis. Allah berfirman “…dan kami turunkan dari langit air yang sangat bersih.” (Q.s. Al-Furqan:48). Untuk melakukan thaharah ada hal-hal yang harus diperhatikan sebagai syarat sahnya berthaharah sebelum melakukan perintah Allah swt adalah sebagai berikut:

  1. Islam
  2. Berakal
  3. Baligh
  4. Masuk Waktu ( Untuk Mendirikan Salat )
  5. Tidak Lupa
  6. Tidak Di Paksa
  7. Berhenti Darah Haid Dan Nifas
  8. Ada Air Atau Debu Tanah Yang Suci
  9. Berdaya Melakukannya Mengikuti Kemampuan

Thaharah terbagi menjadi dua bagian yaitu lahir dan batin. Thaharah lahir adalah thaharah/suci dari najis dan hadas yang dapat hilang dicuci dengan air mutlak (suci menyucikan) dengan wudhu, mandi, tayyamum. Sedangkan thaharah batin adalah membersihkan jiwa dari pengaruh-pengaruh dosa dan maksiat, seperti dengki, iri, penipu, sombong, ujub dan riya. Sedangkan berdasarkan cara melakukan thaharah, ada beberapa macam bentuk yaitu wudhu, tayyamum, mandi janabah.

Membahas soal thaharah lebih dulu pasti akan membahas wudhu, karena wudhu adalah hal yang wajib dilakukan untuk menegakkan shalat. Whudu menurut bahasa berarti bersih. Menurut istilah syara’ berarti membasuh anggota badan tertentu dengan air suci lagi menyucikan (air mutlak) dengan tujuan menghilangkan hadas kecil sesuai syarat dan rukunnya. Firman Allah swt dalam surah al-maidah ayat 6 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan solat, maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu, dan basuhlah kakimu sampai mata kaki.”

Lalu akan membahas tentang tayyamum, tayyamum secara bahasa adalah berwudhu dengan debu, (pasir atau tanah) yang suci karena tidak ada air atau adanya halangan memakai air. Tayyamum menurut istilah adalah menyapakan tanah atau debu yang suci ke muka dan kedua tangan sampai siku dengan memenuhi syarat dan rukunnya sebagai pengganti dari wudhu atau mandi wajib karena tidak ada air atau dilarang menggunakan air disebabkan sakit. Firman Allah swt dalam surah An-nisa ayat 43 yang artinya : “dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air maka bertayyamumlah sesungguhnya allah maha pemaaf lagi maha pengampun.”

Tayyamum merupakan pengganti dari berwhudu. Apabila seseorang telah melaksanakan salat dengan tayyamum kemudian dia menemukan air, maka tidak wajib mengulang sekalipun waktu salat masih ada.

Terakhir yang akan dibahas adalah mandi wajib. Mandi wajib juga disebut mandi besar, mandi junub, atau mandi janabat. Mandi wajib adalah menyiram air keseluruh tubuh mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan diserta niat mandi wajib didalam hati. Firman Allah swt yang artinya : “ ………. dan jika kamu junub maka mandilah.” Qs. Al-maidah: 6.

Thaharah memiliki fungsi utama yaitu membiasakan hidup bersih dan sehat sebagaimana yang diperintahkan agama. Thaharah juga merupakan sara untuk berkomunikasi kepada Allah SWT. Manfaat tharah dalam kehidupan sehari-hari yaitu membersihkan badan, pakaian, dan tempat dari hadas dan najis ketika hendak melaksanakan suatu ibadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here